Teks Ceramah singkat




Pentingnya Pendidikan

    Assalamualaikum warahmatullahi    wabarakatuh
   Selamat pagi hadirin sekalian. Bagaimana keadaan Anda hari ini? Saya harap Anda dalam keadaan yang baik. Marilah kita ucapkan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini. Saya ucapkan terimakasih atas kehadiran hadirin sekalian.
  Hadirin yang saya banggakan, saya sebagai pembicara ingin menyampaikan materi tentang pentingnya pendidikan. Semoga uraian saya nantinya dapat bermanfaat bagi kehidupan kita.
 Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi memungkinkan juga secara otodidak.
     Ada tiga jenis pendidikan di Indonesia, yaitu pendidikan formal, pendidikan nonformal, dan pendidikan informal. Pertama, pendidikan formal adalah pendidikan yang tersruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Pendidikan formal terdiri dari yang berstatus negeri dan berstatus swasta. Kedua, pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang, seperti lembaga kursus, kelompok belajar, dan sanggar. Ketiga, pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri, yang mengutamakan nilai etika, moral, dan norma.
 Pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan kita karena pendidikan memberi kita banyak pengetahuan tentang berbagai hal dan segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia ini, pendidikan juga dapat memberikan pandangan bagi kehidupan kita. Selain itu, pendidikan dapat memupuk kita menjadi individu yang mampu merencanakan masa depan dan mengambil keputusan yang tepat dalam hidup. Dengan pendidikan kita pada saat ini lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan, karena saat ini dalam sebuah perusahaan atau lowongan pekerjaan lainnya yang dipertimbangkan adalah tingkat pendidikannya.
  Hadirin yang berbahagia, jika tingkat pendidikan kita rendah maka akan berdampak besar dalam kehidupan kita. Pertama, peluang kerja yang kita dapat lebih kecil. Kedua, tingkat kemiskinan akan meningkat karena jumlah tenaga kerja yang diserap lebih kecil sehingga jumlah pengangguran meningkat. Ketiga, kika kita memiliki tingkat pendidikan yang rendah berarti kita tidak memiliki wawasan yang luas yang berakibat kita tidak mengetahui informasi di dunia luar kita. 
    Hadirin yang saya banggakan. Dari uraian saya tersebut, kita mengerti benar bahwa pendidikan sangatlah penting dan jika tingkat pendidikan kita rendah maka banyak dampak yang akan ditimbulkan. Jadi, kita sebagai seseorang yang menginginkan sebuah kesuksesan, maka seharusnya kita mencari ilmu setinggi mungkin. Sehingga, hidup kita akan jauh lebih baik dan berguna. 
   Demikian uraian tentang pentingnya pendidikan bagi kehidupan kita yang dapat saya sampaikan. Saya mohon maaf apabila salah dalam bertutur kata. Atas perhatian hadirin, saya ucapkan terimakasih.

  Wassalamualaikum warahmatullahi    wabarakatuh

Comments

Popular posts from this blog

Unsur Ekstrinsik Novel Hujan "Tere Liye"

Penerapan Sifat Koligatif Larutan dalam Kehidupan Sehari Hari

Trik cepat hafal tabel periodik unsur