Manfaat dibalik tanaman daun tapak dara

Daun tapak dara. Mungkin kalian asing mendengar nama tersebut. Namun jika kalian melihat tanamannya pasti sangat familiar sekali. Bunga ini biasanya dijadikan tanaman hias dikarangan rumah karena bunganya yang cantik. Banyak orang berfikir bahwa tanaman ini hanyalah tanaman hias. Namun,dibalik itu semua banyak manfaat yang dapat kita ambil dari daun tapak dara tersebut.

Kandungan daun tapak dara


https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/ac/Catharanthus_roseus24_08_2012_%281%29.JPG/320px-Catharanthus_roseus24_08_2012_%281%29.JPG


bunga tapak dara
Ternyata dalam daun tapak dara mengandung banyak kandungan zat. Diantaranya

  • Ajmalcine
  • Vinrosidin
  • Leurosine
  • Reserpine
  • Viblastime
  • Locherine
  • Vindolinine
  • Akuammine
  • Vincamine

Manfaat Daun Tapak Dara

  1. Menurunkan demam
Demam dapat dialami siapa saja baik anak kecil hingga dewasa. Salah satu cara yang dapat anda gunakan adalah dengan meminum air rebusan dari daun tapak dara. Ini sudah terbukti mampu menurunkan demam lebih cepat dan lebih efisien karena di dalam daun tapak dara mengandung anti piretik yang dapat menurunkan suhu tubuh lebih cepat.
  1. Mengatasi Susah buang air kecil 
Jika anda mengalami susah buang air kecil disertai rasa sakit yang cukup parah harus segera diatasi. Selain berobat ke dokter anda juga dapat menggunakan daun tapak dara sebagai salah satu solusinya. Daun tapak dara bersiat dierutik yang sangat baik untuk menyehatkan kandung kemih sehingga buang air akan menjadi lebih lancar. Minum rebusan daun tapak dara secara rutin paling tidak satu kali sehari dan anda akan merasakan perbedaannya pada tubuh anda.


  1. Mengatasi luka bakar
Cara yang dilakukan sangatlah mudah yaitu dengan menempelkan tumbukan daun tapak dara pada luka bakar untuk mencegah luka bakar semakin melepuh. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal dan lebih cepat kering.
  1. Mencegah penyakit kanker rahim
Kanker rahim merupakan penyakit yang paling banyak membunuh wanita yang disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah karena radikal bebas. Anda disarankan untuk mengonsumsi daun tapak dara untuk membantu mencegah kanker rahim karena di dalam daun tapak dara terdapat kandungan penangkal radikal bebas yang sangat baik bagi tubuh.
  1. Mencegah kanker payudara
Anda dapat mencegah terjadinya kanker payudara dengan cara mengonsumsi air rebusan daun tapak dara secara rutin setiap hari
7.Mengatasi batu ginjal
Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang lebih banyak dialami oleh kaum pria dan disebabkan oleh kurangnya asupan air putih dan banyak mengonsumsi alkohol atau gaya hidup tak sehat lainnya. Batu ginjal jika dibiarkan dapat menyebabkan infeksi pada ginjal. Cara untuk mengatasi batu ginjal dengan mudah dan aman adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun tapak dara rutin setiap hari.

Nah,itu merupakan beberapa manfaat dari daun tapak dara. Semoga bermanfaat. Jangan sepelekan tanaman yaang ada disekitar kita, karena didalamnya mengandung banyak manfaat..

Comments

Popular posts from this blog

Unsur Ekstrinsik Novel Hujan "Tere Liye"

Penerapan Sifat Koligatif Larutan dalam Kehidupan Sehari Hari

Trik cepat hafal tabel periodik unsur