Pengertian,ciri ciri,manfaat, dan cara menjaga udara bersih

Udara Bersih


     Udara adalah sumber daya yang berharga bagi kehidupan . Udara terdiri dari campuran gas antara lain 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% gas-gas lain seperti xenon, karbon dioksida, argon, neon, hidrogen, helium, dan kripton . Oksigen merupakan gas yang paling penting bagi kehidupan. Tanpa itu, kita akan mati dalam beberapa menit. Oksigen yang terkandung dalam udara, dihasilkan oleh proses fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan. Untuk itu tumbuhan merupakan hal yang penting bagi kehidupan. Mari kita jaga hutan kita. Bayangkan apabila kita hanya bisa melihat satu pohon, mungkin kita baru akan sadar, betapa pentingnya sebuah pohon.
Untuk mendapatkan udara yang sehat, perlu adanya penataan kota, dalam hal ini peran pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan.
Udara di pegunungan lebih bersih daripada di perkotaan, karena di pegunungan jauh akan polusi udara sehingga udaranya bersih daripada di kota, di kota banyak sekali kita temui asap2 kendaraan,pabrik,efek rumah kaca dll shingga udara di kota tercemari oleh polusi udara yang mengakibatkan udara kotor atau tidak bersih.

Ciri- ciri Udara Bersih dan Sehat :
Beberapa ciri ciri udara bersih dan sehat antara lain
  • Tidak berwarna
  • Tidak berbau
  • Tidak berasa
  • Tidak tercampur dengan benda asing
  • Terasa segar apabila kita hirup
  • Terasa sejuk


Manfaat Udara Bersih

1. Untuk bernapas
Udara merupakan salah satu substansi yang sangat tinggi manfaatnya bagi kelangsungan makhluk hidup. Semua makhluk hidup membutuhkan udara untuk bernapasn atau istilah biologisnya adalah proses respirasi. Umumnya udara mengandung banyak sekali kandungan zat-zat seperti oksigen, karbon dioksida, helium, dan banyak lagi (akan sangat banyak apabila harus disebutkan satu per satu)
Dengan adanya udara, kita semua sebagai makhluk hidup dapat bernapas, karena udara menghasilkan manfaat oksigen bagi manusia hewan. Kemudian manfaat karbon dioksida yang dihasilkan, digunakan oleh tumbuhan untuk melakukan proses respirasi.

2. Proses fotosintesis
Tumbuhan memiliki hal yang unik, yaitu mereka dapat memasak makanannya sendiri melalui proses yang dikenal dengan istilah fotosintesis. Proses ini melibatkan manfaat matahari, klorofil dan juga manfaat udara untuk mensuplai nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut. Bayangkan apabila tanaman tidak dapat melakukan proses fotosintesis, pastilah banyak tanaman akan mati.

3.Pembangkit listrik
Disebut apakah udara yang bergerak? Ya. Jawabannya adalah angin. Angin merupakan salah satu bentuk udara yang mengalami pergerakan, pergerakan udara atau angin inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu energi alternatif alternatif, yaitu pembangkit listrik tenaga angin.
Biasanya pembangkit listrik yang menggunakan pemanfaatan tenaga angin ini menggunakan bangunan kincir angin untuk menyalurkan energi putar yang dihasilkan. Kemudian energi putar dari kincir angin akan menyalakan generator, yang kemudian akan menghasilkan dan menyalurkan listrik.

4. Sebagai penyejuk
Udara yang bergerak atau juga yang dikenal dengan nama angin merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan. Angin dapat membantu memberikan rasa sejuk dan nyaman bagai anda, terutama ketika berada pada kondisi cuaca yang sangat panas. Selain angin, manfaat udara yang dingin dan sejuk pun dapat membantu anda menjadi lebih rileks dan nyaman dalam beraktivitas. 

Namun demikian, udara yang terlalu dingin akan berakibat :
Hipotermia
Influenza
Demam

5. Melindungi bumi
Pernahkah anda bayangkan apa yang akan terjadi ketika bumi bertabarkan dengan asteroid, planet, dan benda angkasa lainnya? Akibatnya sangatlah buruk. Maka dari itu, manfaat udara yang ada di bumi merupakan pelindung satu-satunya dari bumi untuk menghindari dan melindungi bumi dari resiko tabrakan dengan benda angkasa lainnya.

6. Perantara gelombang suara dan bunyi
Dalam pelajaran IPA ketika SD dan SMP dahulu, kita mempelajari tentang bunyi dan gelombang suara. Dan kita tahu, yang dapat menghantarkan bunyi-bunyian serta gelombang suara adalah udara. Ketika tidak terdapat udara, maka kita tidak dapat mendengar satu bunyi-bunyian pun. Begitu pula manfaat musik yang kita dengarkan adalah hasil bunyi-bunyian karena adanya udara.

7.Pengantar cahaya
Manfaat udara lainnya ialah udara mampu menjadi pengantar cahaya. Ini artinya setiap cahaya yang muncul, tidak akan sampai kepada indera penglihatan kita tanpa adanya bantuan udara. Maka dari itu keberadaan udara sangatlah penting bagi kehidupan kita sehari-hari.

Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan :

1. Menanam pohon di berbagai tempat
Hal ini bertujuan agar udara udara yang ada di lingkungan tersebut menjadi lebih bersih dan tidak mudah tercemar. Udara yang ada pada lingkungan dimana tempat menanam pohon tersebut bisa bersih akibat tumbuhan tersebut dapat memproduksi oksigen, sehingga udara menjadi bertambah bersih dan tidak mudah tercemar serta bisa dihirup dengan mahkluk hidup lainnya dan akan terhindar dari penyebab pemanasan global. Biasanya, untuk menanam pohon-pohon ini harus di lakukan secara dini di tempat tempat yang biiasa terkena polusi udara seperti kebakaran hutan yang mengakibatkan munculnya asap.

2. Menanam tanaman hias
Selain menanam pohon, di butuhkan juga untuk menanam tanaman di tengah kota yang mana tengah kota tersebut jarang di tumbuhi pohon-pohon dan tanaman, sehingga udara udara yang ada di lingkungan tersebut mudah sekali untuk di cemari. Dengan menanam tanaman, udara akan menjadi lebih tidak mudah tercemar sebab ada yang memberikan tambahan oksigen di lingkungan tersebut. menanam tanaman ini memang sangat cocok jika di lingkungan tengah kota dan cocok juga untuk ruang publik untuk kehidupan yang sehat, sebab lingkungan tersebut sangan rawan tercemar udaranya akibat polutan pabrik industri dan kendaraan bermotor atau transportasi lainnya.

3. Mengurangi dan menghindari pengunaan gas-gas kimia
Tentu saja, dengan adanya bahan-bahan gas kimia yang sering di pakai oleh manusia, seperti parfum, akan dapat merusak dan mencemari udara. Selain itu, penggunaan gas kimia tersebut akan dapat merusak lapisan di atmosfer bumi. Sehingga, perlu untuk menghindari serta mengurangi penggunaan bahan gas kimia ini dalam kehidupan sehari-hari. Gas-gas kimia memang sangat berbahaya karena akan sangat mudah menyusuti lapisan atmosfer dan ozon yang ada di bumi kita yang berfungsi memfilter dan melindungi bumi dari sinar-sinar berbahaya yang berasal dari matahari.

4. Mengupayakan pengurangan pembuangan gas-gas sisa pembakaran
Biasanya, manusia sering sekali melakukan pembakaran baik dalam lingkungan rumahnya sendiri ataupun dalam pabrik-pabrik industri lainnya. Denga adanya hal seperti ini, udara yang biasa kita hirup akan mudah sekali untuk tercemari dan bisa menjadi penyebab banjir. Maka, sangat diperlukan sekali untuk mengurangi penggunaan hal-hal seperti ini bahkan kala bsa di hindari.

5. Membangun cerobong asap yang cukup tinggi
Hal ini akan dapat mencegah terjadinya pemcemaran udara dan dapat melestarikan udara yang ada di lingkungan kita. Sebab, dengan membangun cerobong asap yang tinggi, asap akan dapat menembus lapisan inversi thermal agar tidak dapat menambah polutan yang tertangkap di atas suatu pemukima atau kota dan udara pun akan menjadi bersih seperti yang diharapkan.

6. Mengurangi asap yang keluar dari kendaraan transportasi yang nenghasilkan polusi
Jelas, hal ini sungguh akan merusak udara karena akan menghasilkan polusi dan dapat mencemari udara. Sehingga, sangat di perlukannya pengurangan pemakaian kendaraan berknalpot yang menjadi polutan udara dan mencemari udara di sekitar kita karena bisa menjadi penyebab pemanasan global juga yang dapat merugikan seluruh makhluk hidup di bumi.

7. Bersepeda atau berjalan kaki
Dengan adanya kendaraan bermotor atau transportasi lainnya, pasti kita akan di manjakan dan selalu membuat udara menjadi tercemar. Sebaiknya, jika jarak tujuan yang ingin kita tempati tidak jauh, jangan menggunakan kendaraan berpolutan tersebut. usahakan berjalan kaki atau mengendarai sepeda, karena dengan 2 hal tersebut, udara tidak akan menjadi tercemar dan bersih.

8. Melakukan penyaringan asap sebelum asap dibuang ke udara
Hal tersebut sangat perlu dilakukan agar udara tidak tercemar, caranya memasang bahan penyerap polutan atau saringan dengan tujuan untuk memfilter asap tersebut yang dapat mencemari udara. Dengan cara tersebut, asap yang keluar tidak terlalu banyak dan tidak begitu mudah untuk menjadi polutan bagi udara.

9. Mengurangi pemakaian bahan fosil
Dalam hal ini, terutama bahan bakar fosil yang mengandung asap serta gas-gas polutan lannya dengan tujuan agar tidak mencemarkan lingkungan yang ada di kehidupan sehari-hari. Seperti halnya, dengan langkah tersbut, maka polutan kana berkurang dan tidak akan mudah dalam mencemari udara di lingkungan kita.

10. Mengurangi sistem transportasi yang efisien dengan menghemat bahan bakar
Salah satu cara lainnya yakni tidak sering sering megunakan transportasi yang bisa merusak lingkungan udara dan mencemarinya. Dengan angkutan pribadi atau transportasin lainnya, maka udara akan sangat mudah untuk tercemar.

11. Mengalirkan gas buangan ke dalam larutan pengikat
Mengalirkan gas buangan ke dalam larutan pengikat sebelum gas buangan tersebut di bebaskan air, dengan cara tersebut, gas buangan yang akan di pindahkan akan terikat di larutan pengikat yang sebelumnya akan di bebaskana ke dalam air, sehingga gas gas buangan tersebut menjadi tereduksi sebagian dan tidak mencemari udara dengan mudah.

12. Menurunkan suhu sebelum gas di buang ke udara bebas
Selain mengalirkan gas buangan dan dibebaskan ke dalam air, ada cara lain yang dapat mereduksi gas buangan tersebut. yakni dengan cara menurunkan suhu sebelum gas tersebut di buang ke udara bebas yang ada di lingkungannya tersebut. dengan penurunan suhu, akan sangat mudah gas tersebut tereduksi. Dengan cara tersebut, akan lebih sangat efisien untuk melestarikan udara yang ada di lingkungan kita.

Comments

Popular posts from this blog

Unsur Ekstrinsik Novel Hujan "Tere Liye"

Penerapan Sifat Koligatif Larutan dalam Kehidupan Sehari Hari

Trik cepat hafal tabel periodik unsur