Tips cepat paham materi pembelajaran

Tips mudah memahami materi pelajaran 

Diantara kalian,pasti ada yang susah bukan untuk memahami materi? Kadang kalian bertanya-tanya, bagaimana sih biar cepet paham? Nah, kali ini saya akan membagikan tips mudah memahami materi pelajaran
1. Baca materi setiap hari
     Jika kita ingin memahami suatu materi,maka kita harus rajin untuk membacanya. Walaupun itu sedikit demi sedikit setiap hari. Sedikit tapi paham itu lebih bermanfaat.
2. Membuat imajinasi dipikiran kita mengenai materi tersebut 
Materi yang kita baca dapat kita buat imajinasi atau gambaran dari materi tersebut. Kita seolah olah melihat atau mengalami hal tersebut.
3.  Membaca sambil menulis 
Setelah kita baca sebaiknya kita tulis materi yang kita pahami. Dengan kita menulis,daya ingat kita akan semakin kuat. Karena pasti kita merasa kita pernah menulis hal tersebut.
4. Perbanyak latihan soal
Setelah kita membaca materi,maka sebaiknya kita tes pemahaman kita mengenai materi tersebut dengan latihan soal. Apabila model soal pertama sudah paham, ganti dengan model soal selanjutnya. Jika itu mata pelajaran matematika,maka apabila satu model soal sudah paham, kamu mencoba untuk membuat soal sendiri dengan model yang sama dan kamu kerjakan.
5. Fokus
Apabila kita ingin memahami suatu materi, kita harus fokus. Tinggalkan hal hal yang kurang penting. Kalau memang kita punya niat untuk belajar,maka hal yang lain harus kita tinggalkan. Karena jika kita tidak fokus, apa yang kita kerjakan tersebut sia sia.
6. Gunakan metode pembelajaran yang kalian suka 
Jika kalian suka metode pembelajaran yang tenang, carilah tempat yang tenang untuk kamu belajar. Jika kamu suka metode pembelajaran dengan mendengarkan musik maka lakukan itu. Dengan membuat gambar atau sketsa lain kamu lebih mudah untuk memahami materi, sebaiknya kamu lakukan itu untuk memahami materi tersebut.

Sampai sini dulu yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua.. Tetap semangat ya belajarnya...

Comments

Popular posts from this blog

Unsur Ekstrinsik Novel Hujan "Tere Liye"

Penerapan Sifat Koligatif Larutan dalam Kehidupan Sehari Hari

Trik cepat hafal tabel periodik unsur