Sudah SMA masih belajar pake SKS? ini kekurangannya

Kekurangan  SKS ( Sistem Kebut Semalam )


Sks atau sistem kebut semalam adalah sistem belajar yang biasa dilakukan oleh kebanyakan siswa. Mereka akan belajar jika ada ulangan ataupun pr. Misalkan dalam satu hari akan ada 3 mata pelajaran yang ulangan, maka mereka akan kebut belajar mereka dalam satu malam tersebut. Kebiasaan tersebut adalah kebiasaan buruk. Berikut ini saya akan memberikan penjelasan mengenai kekurangan  sistem belajar kebut semalam

1. Kurang waktu tidur 
Dengan SKS waktu tidur kita akan berkurang. Padahal besok kita akan bangun pagi untuk pergi ke sekolah. Kurang tidur dapat membuat kita tidak fokus dalam mengikuti pelajaran. Kita sering mengantuk di kelas bahkan kadang sampai ditegur oleh guru.

2. Materi pelajaran tidak paham 
Dengan SKS pelajaran yang kita pelajari hanya dalam waktu satu malam tersebut akan hilang dalam sekejap, karena kita tidak paham kita hanya mengejar untuk ulangan besok bukan untuk kedepannya. 

3. Tergesa-gesa 
Jika SKS kita akan tergesa-gesa dalam belajar. Kita tidak terlalu menuntut untuk paham tetapi kita mengejar selesai materi yang kita pelajari. 

4. Nilai tidak memuaskan 
Karena kita hanya sekedar selesai belajar, maka kita saat dihadapkan dengan soal, kita sulit untuk mengingat apa yang kita pelajari tadi malam. Karena tidak paham dengan materi tersebut. Berbeda jika sudah paham materi tersebut, mau soalnya dibuat model apapun kita pasti bisa untuk mengerjakannya.

Kekurangan-kekurangan tersebut sangat mengganggu bagi kita dan kesehatan kita. Sebagai seorang siswa sebaiknya kita hindari sistem kebut semalam tersebut. SKS dapat kita hindari dengan kita belajar sedikit demi sedikit yang penting paham. Setiap hari belajar tanpa harus jika ada ulangan atau pekerjaan rumah. Dengan kita tidak menerapkan sistem SKS tersebut, waktu istirahat kita akan jauh terkontrol. Dengan istirahat yang terjaga maka kesehatan kita pun otomatis akan terjaga. 

Demikian informasi dari saya, saya harap  sistem SKS dapat kalian hindari. Kalian harus terus semangat untuk belajar jangan memandang belajar itu sepele. Belajar adalah sebuah proses, jadi belajar memerlukan sebuah waktu untuk menguasainya. Semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jangan lupa sekali lagi HINDARI SKS. 

Comments

Popular posts from this blog

Unsur Ekstrinsik Novel Hujan "Tere Liye"

Penerapan Sifat Koligatif Larutan dalam Kehidupan Sehari Hari

Trik cepat hafal tabel periodik unsur