Unsur Ekstrinsik Novel Hujan "Tere Liye"

Unsur Ekstrinsik Novel Hujan Tere Liye

 

Unsur ekstrinsik adalah unsur yang berada di luar novel. Nah kali ini saya akan memberikan contoh unsur  ekstrinsik dari novel Hujan karya Tere Liye 

1. Segi politik : Ketika seorang pemimpin sudah membuat suatu keputusan, maka orang yang lebih tahu dari padanya tidak bisa berbuat apa-apa untuk mencegah nya. (Halaman 221)

2. Segi sosial : Lail ( si penulis ) memiliki sikap sosial yang tinggi. Dia lebih mementingkan kepentingan orang lain daripada kepentingan dirinya sendiri. Walaupun yang dia lakukan berbahaya baginya, dia lebih mementingkan nyawa orang lain. ( Halaman 149 )

3. Segi budaya : Seiring dengan kemajuan teknologi pada saat ini dan masa yang akan datang, seseorang tidak lagi memperhatikan hal-hal yang ada disekitarnya. Mereka lebih asyik bermain dengan teknologi tanpa memperhatikan berita dan hal yang terjadi disekitarnya. ( Halaman 15 )

4. Segi agama : Semaju apapun teknologi di muka bumi ini, tidak ada yang bisa mencegah kehendak Tuhan. Seperti gempa bumi yang sangat dahsyat pada saat itu, teknologi yang sudah sangat begitu canggih pada tahun 2042 tidak bisa untuk mencegahnya.

Demikian tadi contoh unsur-unsur ekstrinsik novel yang saya ambil dari novel Hujan karya Tere Liye. Semoga contoh saya tadi dapat membantu kalian semua. 

Comments

Popular posts from this blog

Penerapan Sifat Koligatif Larutan dalam Kehidupan Sehari Hari

Trik cepat hafal tabel periodik unsur